No |
Pertanyaan Terkait Survei Persepsi Anti Korupsi Pelayanan (SPAK) |
Nilai (Bintang 1 - 6) |
1. |
Tidak ada diskriminasi pelayanan pada unit layanan ini
Pernyataan ini disampaikan untuk mengetahui apakah ada petugas yang memberikan pelayanan secara khusus atau membeda-bedakan pelayanan karena faktor suku, agama, kekerabatan, almamater, dan sejenisnya).
|
|
2. |
Tidak ada pelayanan diluar prosedur/kecurangan pelayanan pada unit layanan ini
Pernyataan ini disampaikan untuk mengetahui apakah ada Petugas yang memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan ketentuan sehingga mengindikasikan kecurangan, seperti penyerobotan antrian, mempersingkat waktu tunggu layanan di luar prosedur, pengurangan syarat/prosedur, pengurangan denda, dll.
|
|
3. |
Tidak ada penerimaan imbalan uang/barang/fasilitas diluar ketentuan Yang berlaku pada unit layanan ini
Pernyataan ini disampaikan untuk mengetahui apakah ada Petugas yang menerima/bahkan meminta imbalan uang untuk alasan administrasi, transpor, rokok, kopi, dll di luar ketentuan, pemberian imbalan barang berupa makanan jadi, rokok, parsel, perhiasan, elektronik, pakaian, bahan pangan, dll diluar ketentuan, pemberian imbalan fasilitas berupa akomodasi (hotel, resort perjalanan/jasa transport, komunikasi, hiburan, voucher belanja, dll) diluar ketentuan.
|
|
4. |
Tidak ada pungutan liar (pungli) pada unit layanan ini
Pernyataan ini disampaikan untuk mengetahui apakah ada Petugas yang melakukan pungli, yaitu permintaan pembayaran atas pelayanan yang diterima pengguna layanan di luar tarif resmi (Pungli bisa dikamuflasekan melalui berbagai istilah seperti
"uang administrasi" , "uang rokok" , "uang terima kasih" , dsb).
|
|
5. |
Tidak ada percaloan/perantara tidak resmi pada unit layanan ini.
Pernyataan ini disampaikan untuk mengetahui apakah ada Petugas yang melakukan pungli, yaitu permintaan pembayaran atas pelayanan yang diterima pengguna layanan di luar tarif resmi (Pungli bisa dikamuflasekan melalui berbagai istilah seperti
”uang administrasi” , ”uang rokok” , ”uang terima kasih" , dsb).
|
|